Monday, February 16, 2009

Checklist Karakter Pengusaha

Ada yang bertanya pada saya, karakter seperti apa yang harus dimiliki agar menjadi pengusaha sukses ?.
Bukan berarti memberikan daftar yang pasti, namun jika anda tidak memiliki salah satu karakter penting dibawah ini, kecil kemungkinan anda memiliki bisnis yang sukses.

Harus memiliki motivasi.
Bisnis memerlukan anda yang mengambil tindakan. Anda harus melakukan banyak hal setiap harinya, dan tidak akan terselesaikan kecuali anda yang membuat diri anda melakukannya.

Jangan takut bekerja keras.
Jika menurut anda bekerja untuk orang lain adalah kerja keras, coba mulai usaha sendiri. Setiap tetes darah, keringat, air mata anda keluarkan untuk usaha anda. Anda harus bekerja dengan waktu yang lama, setidaknya diawal usaha.

Memiliki pengalaman pada bisnis yang dikerjakan
Jika anda tidak dapat menempatkan mesin mobil, jangan membuka usaha ganti oli. Kebanyakan pengusaha sukses memiliki pengalaman di industri memulainya dari toko. Pertimbangkan untuk bekerja di industri, setidaknya part time selama satu tahun sebelum ada sepenuhnya terjun di bidang tersebut.

Harus mampu bangkit dari kegagalan
Sering saya katakan: "Jika bisnis itu mudah, setiap orang akan melakukannya." Memulai bisnis adalah kerja keras dan kegagalan ada didepan anda setidaknya di tahun-tahun pertama. Jika anda ingin mengendalikan bisnis sendiri, anda harus mau jatuh dan segera bangkit tanpa menyerah.

Dukungan keluarga
Ketika anda memulai usaha, anda harus menghabiskan waktu diluar daripada dengan keluarga. Anda juga harus mandiri secara finansial. Anda akan menghadapi hambatan-hambatan tersebut tanpa rasa takut jika ada dukungan keluarga dan orang-orang terdekat anda.

Harus tahan banting
Jika perasaan anda mudah terluka, maka tetaplah bekerja di tempat anda yang tidak ada ancaman, karena bisnis bukanlah untuk anda. Banyak hari dalam bisnis, penolakan menunggu di setiap sudut dan anda harus mampu mengatasi penolakan tersebut.

Harus berinteraksi dengan yang lain
Menjadi seorang pengusaha memerlukan interaksi dengan berbagai kalangan, mulai dari karyawan anda sampai supplier, pelanggan, hingga investor. Anda harus memiliki kemampuan mengatur orang secara efektif tanpa membuat mereka tersinggung; kemampuan menerima masukan yang baik dari mentor dan meninggalkan yang buruk .

Semakin dalam kantong anda, semakin baik
Penyebab nomor satu kegagalan usaha adalah kekurangan dana. Sebelum memulai usaha, anda harus memiliki modal yang mencukupi sampai bisnis dapat menopang dirinya.

Harus mampu mendelegasikan
Dalam menjalankan usaha diperlukan banyak tugas yang berkesinambungan yang tidak mungkin anda kerjakan sendirian. Anda harus belajar mempercayai orang lain. Jika tidak, pertumbuhan bisnis anda akan terhambat.

No comments:

Post a Comment