Tuesday, February 3, 2009

Peluang Usaha-13 : TOKO KELONTONG...bisnis rumahan yg mudah & fleksibel


TOKO KELONTONG

Kalau Anda masih kebingungan mencari usaha sampingan, coba deh buka toko kelontong. Ternyata usaha yang sering dipandang sebelah mata ini bisa menjadi alternatif sumber penghasilan bagi Anda sekeluarga. Apalagi untuk memulai usaha toko tidak membutuhkan modal besar dan keahlian khusus.

Tentunya Anda tidak asing lagi dengan Usaha Toko kelontong. Toko yang menyediakan barang kebutuhan sehari-hari ini mudah ditemukan disekitar kita. Kalau diperhatikan sebenarnya usaha ini cukup menjanjikan. Terbukti banyak keluarga yang hidup berkecukupan berkat membuka toko.

Usaha yang fleksibel
Mengelola toko itu sebenarnya mudah. Karena usaha ini tidak membutuhkan keahlian khusus, misalnya harus menyelesaikan tingkat pendidikan tertentu. Bahkan banyak pemilik toko sukses yang buta huruf. Usaha ini hanya membutuhkan kemampuan untuk menghafal dan mengenali jenis barang. Juga harus telaten dengan uang recehan. Dalam usaha ini margin keuntungan yang didapat memang kecil, namun frekuensinya banyak, jadi jika tidak telaten mengelola uang recehan, bisa sulit untuk berkembang.

Usaha Toko Kelontong sangat fleksibel untuk dilakukan. Cukup dengan mengoptimalkan garasi rumah, atau menyewa tempat dipinggir jalan, sudah bisa memulai usaha ini. Bahkan jika belum memiliki modal yang cukup, anda dapat membuka Toko Rombong yang menempel dipinggir-pinggir jalan.

Toko Rombong ini tidak perlu uang sewa tempat, bahkan kadang dapat uang dari iklan produk tertentu untuk dipasang di dinding. Tapi hati-hati juga dengan tramtib, sekarang sedang musim penggusuran pedagang kaki lima.

Sambil berangkat kerja, pulangnya para bapak bisa mampir ke toko grosiran buat beli barang dagangan toko. Atau, kalau hari libur bisa ibunya yang gantian belanja borongan.

Mengakali Cashflow





Persoalan yang sering muncul dalam usaha Toko Kelontong adalah masalah likuiditas. Sering terjadi pengusaha mengalami kehabisan uang tunai karena banyak barang dagangan yang dibeli pelanggan dengan hutang atau dibayar secara cicil. Atau, uangnya habis karena barang dagangannya belum habis terjual.

Hal tersebut dapat diatasi dengan membuat aturan pembayaran. Kalau bayar tunai, boleh diberi harga yang “miring atau lebih murah”.

Untuk mengakali barang dagangan tidak terlalu lama mengendap, harus selalu diperhatikan atau dievaluasi barang apa saja yang tergolong “fast moving” atau barang dagangan yang “tingkat lakunya” tinggi. Sehingga alokasi modal diprioritaskan untuk pembelian barang-barang seperti ini. Dan penempatannya harus mudah dilihat sehingga meningkatkan penjualan.
Ketika usaha Toko Kelontong sudah mulai berjalan, biasanya akan banyak “kemudahan” yang dapat diperoleh.

Keuntungan / kemudahan dalam membuka usaha Toko Kelontong :
1.Bisa mendapat kredit atau penangguhan pembayaran dari produsen produk tertentu, sehingga dapat menghemat modal.

2.Toko yang sudah terkenal dan berkinerja baik akan didatangi salesman. Jadi anda tidak perlu repot-repot mencari barang belanjaan.

3.Perusahaan sering memberikan imbalan uang kepada toko yang mau memajang barang promosinya

4.Toko yang menjalin hubungan dnegan salesman akan mengetahui perkembangan produk terbaru. Sehingga toko tidak ketinggalan trend pasar.

5.Toko sering kebanjiran contoh produk (sample) ketika perusahaan meluncurkan produk barunya

6.Toko dapat mengembalikan barang rusak atau kadaluawarsa ke perusahaannya, manakala menjalin hubungan baik dengan perusahaan melalui salesmannya. Sehingga resiko dalam dapat diminimalkan.


Semoga sukses !!!

No comments:

Post a Comment

Post a Comment