Wednesday, February 11, 2009

JADILAH ORANG SPESIAL....agar sukses terus berlanjut.

Pikiran seseorang selalu menciptakan asosiasi tertentu. Oleh sebab itu, maka selayaknya bagi Anda seorang pebisnis atau entrepreneur, untuk berusaha agar produk atau jasa yang Anda miliki masuk dan meresap ke dalam pikiran seseorang. Tidak hanya itu, sebaiknya Anda juga berusaha untuk menciptakan asosiasi dalam pikiran orang tersebut bahwa produk atau jasa Anda bertalian dengan sesuatu yang unik, dan hal inilah yang biasa disebut dengan positioning.

Misalkan begini :
Jika seseorang menderita suatu penyakit mata, dan ia memerlukan pengobatan, maka yang dia ingat tentu dokter yang mempunyai keahlian khusus dalam menangani penyakit mata yang dideritanya tersebut, yaitu dokter spesialis mata (DSM). Pikirannya tidak mungkin tertuju kepada dokter ahli penyakit dalam, dokter kandungan dan kebidanan atau dokter spesialis lainnya
Demikian juga halnya dalam dunia usaha atau bisnis, seorang pebisnis harus dikenal oleh masyarakat, terutama oleh masyarakat konsumennya dengan kehlian khusus atau spesial yang dimilikinya, supaya bila ada seorang calon konsumen memerlukan sesuatu produk atau jasa, dan sesuatu produk atau jasa tersebut dimilikinya, maka dalam pikiran calon konsumen tersebut yang diingat adalah namanya. Contohnya, jika seseorang mempunyai keahlian dalam dunia bisnis online atau internet marketing, maka ia harus berusaha untuk bisa dikenal sebagai orang yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang tersebut, ia harus mem”branding” atau mem “positioning” dirinya di pikiran dan benak orang lain dengan keahliannya tersebut, sehingga ia menjadi seorang yang special.

Contoh lainnya adalah seperti berikut:
Bill Gates.
Jika Anda mendengar namanya, maka pikiran anda akan langsung tertuju kepada Software atau perangkat komputer dengan nama Microsoft, karena ia adalah penemunya pertama kali, serta dijuluki sebagai Bapaknya Microsoft.
Helmi Yahya
Kalau Anda mendengar namanya, saya yakin pikiran anda pun akan mengingat kepada seorang pembawa acara atau Master of Ceremony (MC) yang juga seorang yang ahli di dalam bisnis hiburan dan pertelevisian.
Anne Ahira
Saya yakin, bagi Anda yang telah terbiasa berkecimpung di dunia bisnis online akan mengenalnya sebagai seseorang yang ahli/pakar, dan juga seorang telah berhasil dengan gemilang di dalam dunia bisnis online atau internet marketing dengan julukan si Otak Asia(Asian Brain).
Dan lain-lain.
Dalam hal ini, bukan berarti seseorang tidak boleh mempunyai lebih dari satu keahlian, tapi ia harus bisa membranding ataui memposisikan dirinya untuk masing-masing keahliannya tersebut. Seseorang bisa saja mempunyai keahlian sebagai dokter specialis mata, tapi disampin itu, ia juga ahli dalam bidang jual beli kendaraan roda empat, maka ia harus bisa memposisikan diri, kapan waktunya sebagai dokter specialis mata dalam pandangan para pasiennya, dan kapan ia dikenal sebagai seorang yang ahli dalam jual beli kendaraan roda empat di kalangan rekan-rekan serta konsumen bisnis jual beli kendaraan roda empatnya. Jangan sampai orang lain bingung, apakah ia itu benar-benar seorang dokter, seorang pebisnis kendaraan roda empat, kedua-duanya atau orang yang tidak jelas keahliannya. Hal tersebut bisa saja terjadi, karena ia tidak bisa memposisikan diri berdasarkan masing-masing bidang keahliannya, yang akhirnya masyarakat pun meragukan kemampuannya, sehingga ia kehilangan kredibilitas dirinya.
Seorang pebisnis yang telah dikenal dan menjadi special di pikiran dan benak orang lain dengan branding atau keahlian tertentu, tentunya akan lebih berharga dalam pandangan orang lain atau masyarakat. Bisnis yang dijalaninya pun tentu saja akan lebih cepat berkembang dan sukses akibat kepercayaan dari orang lain atau masyarakat tersebut.

Semoga bermanfaat…!!!

No comments:

Post a Comment