Sunday, February 15, 2009

Peluang Usaha-15 : Jasa antar jemput anak sekolah

Beberapa bulan lagi akan masuk Tahun Baru Ajaran Sekolah. Nah…kehebohan tersebut, pasti akan memberi “peluang usaha” bagi yang berminat, yaitu Layanan antar jemput anak sekolah.

Analisa Pasar / Peluang :
Dengan meningkatkan pembangunan kawasan perumahan, dan peningkatan hunian yang siginifikan, menjadikan kawasan-kawasan perumahan ramai dengan anak-anak usia sekolahan. Biasanya, anak-anak ini, lokasi sekolahnya sedikit jauh (berjarak) dari rumah / tempat tinggalnya. Dan rata-rata orangtua dari anak-anak ini adalah kaum pekerja, yang pagi-pagi sekali harus berangkat kerja, dan pulang sore atau malam hari….(ehmm perjuangan hidup yang melelahkan, semoga para orang tua ini mendapat pahala yang banyak dari kerja kerasnyatersebut…amin). Sehingga, urusan antar jemput anak sekolah kebanyakan diserahkan kepada ibu atau ke jasa layanan antar jemput anak sekolah.
Nah…coba buka pikiran kita, adakah potensi pasar seperti ini ada di sekitar kita ? tentu ada. Bagaimana….peluang pasar yang menjanjikan, bukan ?

Perencanaan
Untuk memulai bisnis antar jemput, kita perlu mengetahui budget penyediaan mobil. Kalau pas-pasan, kita bisa beli mobil bekas seperti Suzuki Carry lama tanpa AC yang cukup memuat banyak pelanggan. Tapi jika budgetnya agak banyak atau memang banyak, diharapkan kita mampu membeli mobil bekas yang ber-AC. Bisa Toyota Kijang, Suzuki Carry terbaru, atau mobil-mobil besar (Serena juga boleh). Kenapa harus ber-AC? Karena orang tua murid sangat concern soal ini. Sepengamatan saya, setiap orang tua murid yang mau memakai jasa antar jemput, selalu menanyakan soal AC. Kadang merek mobilnya juga ditanya.
Cari sopir yang bisa anda percaya. Ini sangat penting supaya bisnis lancar dan anda tidak sering sakit kepala.
Perencanaan terakhir, tentukan track dari usaha antar jemput kita. Hindari jalur-jalur macet. Seandainya memang harus melewati jalur tersebut, jadwal penjemputan harus dibuat lebih awal/pagi. Hal ini harus ditegaskan kepada orang tua murid supaya tidak terlalu lama menunggu nantinya.

Pemasaran
Setelah perencanaan selesai, mobil ada.
Langkah selanjutnya? Buat kartu nama. Ini harus, wajib, kudu, penting ada.

Berikut 4 kondisi dalam pemasaran antar jemput :
1. Ada sekolah tertentu yang meng-organisir mobil2 yang akan melakukan layanan ini. Segera hubungi bagian administrasi calon sekolah tempat usaha anda, daftarkan diri anda, sehingga nantinya mendapatkan pasar yang baik.

2. Jika anda seorang pegawai administrasi sekolah, ini sudah merupakan keuntungan bagi anda. Ketika berlangsung penerimaan Uang Pangkal sekolah murid baru, anda tinggal menawarkan kesetiap orang tua yang sedang membayar Uang Pangkal. Lagi tanda tangan kuitansi UP, sodorin deh kartu nama antar jemput anda.

3. Jika anda bukan seorang pegawai sekolah, tapi anda mempunyai kenalan pegawai administrasi sekolah, anda bisa minta tolong untuk ditawarkan jasa anda. Jangan lupa negosiasi komisinya. Biar sama-sama enak. Jangan lupa juga kartu nama.

4. Kalau anda tidak punya kenalan pegawai administrasi sekolah, anda bisa memasang iklan dipapan pengumuman sekolah. Tapi kalau ini rasanya kurang efektif, karena sudah pasti kuenya kepotong oleh 2 kondisi diatas.

Operasional
Dalam melaksanakan bisnis baru kita ini, perlu ada sedikit manajemen keuangan. Jadi tidak bisa sekedar terima pendapatan, bagi komisi ke supir, selesai. Tapi harus diperhitungkan semua pengeluaran. Bensin, tune up, service, petty cash, dll. Dalam hal ini, program kecil keuangan sangat dibutuhkan.

Nilai Tambah

Kembangkan konsep yang sedikit berbeda dengan yang lain :
- Bahwa jasa antar jemput yang Anda kelola mengedepankan keamanan, bahwa supir2nya amanah dan memiliki kesadaran tinggi
- Bahwa yang diangkut ini adalah buah hati para orang tua yang sangat-sangat berharga, yang dipercayakannya kepada Anda.- Supirnya menggunakan pakaian seragam, memiliki tata krama yang baik dan cukup berpendidikan (bukan kelas supir angkot).
- Memiliki Hp yang sewaktu2 dapat dihubungi orang tua murid.
- Kendaraannya terawat, bersih dan selalu diservis.
- Dan memberikan service plus seperti dapat mewakili orang untuk membayar SPP atau memberikan surat izin sakit, dsb...
Saya rasa dengan konsep yang baik dan service plus yang diberikan, orang tua akan menjadi senang berhubungan dengan Anda, masalah harga mungkin tidak jadi masalah jika memang pelayanan yang diberikan dirasakan sangat baik/premium.


Pasti bermanfaat !!!


Salam Sukses.

Syahrizal
08129660636

2 comments:

  1. Subhanalloh...

    pas dengan apa yang lagi ada di benak saya.
    apa bisa di detailkan resiko2 nya dan terget minimum pendapatan?atau perkiraan BEP jika pakai mbl bekas.ata mobil baru dengan menanggung cicilan.

    trima kasih ustad.
    e-mail saya : co_teknisi_komp@yahoo.com
    blog : www.produk-muslim.co.cc
    www.semeru-outbound.co.cc
    www.kebutuhan-warnet.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Ada rencana mau menggeluti bisnis ini.
    Masih bingung kalkulasi bagi hasil dengan sopir dan menentukan tarif nya
    Saat ini usaha yang saya jalankan grosir baju dan dompet
    Mampir ya > http://dytagrosir.com

    ReplyDelete