Thursday, January 29, 2009

Liputan-2 : BMT AL HAKIM...mitra yg cocok untuk sukses usaha anda


Kamis sore…ditengah dinginnya cuaca, di salah satu cluster BSD City,…menemani saya melakukan kunjungan ke BMT Al Hakim. Rencana awalnya sih, saya mau membayar cicilan yang saya pinjam sebelumnya, untuk beli motor operasional karyawan yang mengantar air minum oxyplus, salah satu sayap usaha yang saya tekuni. Terpikir untuk sekalian mewawancarai manajer BMT Al Hakim, saja sekalian saya publikasikan ke para pembaca sekalian…pasti bermanfaat. Karena saya sendiri sudah merasakan manfaatnya dalam membantu pengembangan usaha saya !

Nah, akhirnya saya bertemu juga dengan Pak Mohamad Sholeh, beliau manajernya. Ramah dan sholeh orangnya, sesuai namanya…jadi saya cepat akrab dengan beliau…Berikut hasil obrolan kami sore itu…

BMT AL HAKIM
BMT Alhakim berdiri sekitar Maret 2007, jadi usianya sekitar 1 tahun 7 bulan. Namun, Alhamdulillah sudah bisa berbuat untuk penguatan ekonomi ummat. P Sholeh sendiri baru bergabung sekitar Febr 2008.

Ada 2 divisi yang dikelola, Baitul Maal dan Baitul Tamwil…
Baitu Maal, adalah pembinaan usaha para dhuafa. Divisi ini masih terus digalakkan, karena dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan SDM yang handal, dan mampu mengelola atau melakukan pembinaan masyarakat dhuafa. Mencari SDM seperti ini tidak-lah mudah…begitu kata P Sholeh memberi penekanan.

Baitul Tamwil, memiliki misi penyelamatan masyarakat usaha kecil dan menengah dari jeratan rentenirdan bank keliling. Menyediakan layanan keuangan mikro dengan 3 pola, yaitu Murabahah (jual beli), Mudharabah (bagi hasil) dan Ijarah (sewa). Semua layanan tersebut berbasis akad yang jelas, sehingga sangat dibutuhkan transparasi, niat baik dan komitmen dari kedua belah pihak sebelum Akad dilangsungkan.

Penulis (saya) adalah salah satu nasabah yang sudah mendapatkan kemudahan dari salah satu layanan tersebut. Ceritanya, usaha layanan penyediaan air minum oksigen oxyplus yang saya kelola membutuhkan motor operasional. Karena kebutuhan harus cepat, sementara dana tunai saya sedang dipakai untuk pengembangan usaha lainnya, maka layanan BMT Al Hakim bisa dijadikan solusi. Alhamdulillah prosesnya sederhana dan mudah.

Saat ini, BMT Al Hakim sudah mengelola sekitar 200 nasabah (penabung) dan sekitar 200 nasabah (mitra). Sebuah pencapaian yang baik, dalam usianya yang masih muda. Semoga terus berkembang…karena Lembaga seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat. Juga bagi para usahawan…tentunya, sebagai mitra atau partner pembiayaan dalam membangun bisnis atau usaha.

Ehm….P Sholeh, tanya nih….Gimana suka duka-nya mengelola BMT Al Hakim ?
Sukanya, karena pekerjaan ini sarat muatan perjuangan, dunia dan akhirat, menyatu dalam satu langkah. Menjalankan pekerjaan pengembangan BMT, membantu membangun bisnis sekaligus menolong masyarakat menguatkan ekonomi ummat….wahh…filosofinya kuat nih.

Dukanya, ya…kadang-kadang kita sudah bekerja dengan niat baik, sepenuh hati berusaha menolong pengembangan ekonomi masyarakat…tapi, kadang-kadang ada juga yang suka ingkar janji, sulit dalam memenuhi komitmen pembayaran pinjamannya…walaupun sudah dipermudah sedemikian rupa….

Tapi…tetap saja saya melihat wajah optimis dan penuh harapan di wajah para pengelola BMT Al Hakim ini….semoga terus berkembang pak !

Bagi para usahawan / pembaca yang ingin berhubungan dengan BMT AL HAKIM, dapat menghubungi :

Bp Mohamad Sholeh
Manager BMT Al Hakim
Ruko Granada Square Blok I-3 No. 33A
Sektor-12, Bumi Serpong Damai
Tangerang
Tlp. 021-75872323
Email : sholehmohamad@rocketmail.com


Admin / syahrizal

1 comment:

  1. Ass,
    Boutique Software Programming menawarkan software bmt terpadu.
    Kontak : Rahmadi SE S.Kom
    HP : 081251386016

    ReplyDelete