Tuesday, January 20, 2009

Prinsip Sukses-1 : NILAI TAMBAH


Prinsip-1 : PRINSIP NILAI TAMBAH (Value Added)


Setiap hari kita semua diberikan waktu yang sama oleh Allah SWT, sama-sama 24 jam sehari, sama-sama 60 menit dalam 1 jam, dst…Tapi, kita melihat ada sebagian dari kita yang mampu mendapatkan HASIL yang berbeda (LEBIH) dibandingkan dengan yang lain.


APA RAHASIANYA ?

Salah satu rahasi utamanya adalah, mereka yang berhasil tersebut selalu Fokus pada PRINSIP NILAI TAMBAH.

Nilai Tambah artinya, kita selalu berusaha berpikir dan melakukan hal-hal yang tidak ”kebanyakan” atau ”bukan sesuatu yang standar” lagi….tapi terus ”memberi nilai lebih” sehingga KITA MENJADI BERBEDA…MENJADI LEBIH.

Misalnya, katakanlah kejujuran itu pada awalnya adalah nilai lebih, namun ketika seluruh orang didunia ini sudah jujur semua, maka nilai jujur tersebut menjadi Nilai Standar, bukan merupakan Nilai Lebih lagi.

Jadi, untuk dapat bergerak menuju tangga kesuksesan lebih tinggi lagi, pada bidang dan wilayah apapun….pola dan rumus dasar ini TETAP BERLAKU.

Untuk kesuksesan usaha anda,…pastikan produk atau bisnis anda memilki Nilai Tambah dibandingkan yang sudah ada kebanyakan. Berikan Nilai Tambah pada aspek-aspek (misalnya) :
- Harga yang lebih murah
- Kualitas lebih baik (usahakan bisa dijelaskan secara detail kelebihannya)
- Delivery Order Gratis
- Garansi jika barang cacat
- Konsultasi Gratis
- Bonus untuk pembelian sejumlah ”tertentu”
- Dll

Awali dengan survey lingkungan bisnis dan juga analisa dengan objektif kepada ”kekuatan” bisnis kita sendiri.

Karena jika "nilai tambah" itu sudah kita jadikan "spirit" maka membutuhkan perjuangan, komitmen dan pengorbanan untuk mewujudkan, menjaga dan memeliharanya.

Apalagi dalam dunia bisnis, sesuatu yang sudah "kita janjikan dengan publikasi" akan menjadi "janji atau komitmen" yang akan diuji ketangguhannya oleh Pasar.

Tapi, sisi BAIK nya adalah...jika kita sudah punya Nilai Tambah tersebut...kita punya PONDASI SANGAT KUAT untuk melakukan tahapan2 bisnis selanjutnya.

Dan secara bertahap kita sedang menju KESUKSESAN atau KEMENANGAN tanpa harus MENGALAHKAN orang lain. Mengapa ?

Karena, kebanyakan persaingan (terutama di lingkungan bisnis), cenderung di kenal banyak sikut-menyikut, kemenangan diperoleh dengan cara-cara menjatuhkan lawan, menjelekkan, dll yang cenderung "negatif".

Tapi, jika kita fokus pada Nilai Tambah...kita akan menuju "kesuksessan" tanpa mengalahkan orang lain. Yang kita lakukan adalah "terus memberi nilai lebih" pada diri kita, pada bisnis kita, pada produk kita...

Untuk sukses pengembangan diri juga berlaku sama….apa Nilai Tambah kita dibandingkan kebanyakan manusia lainnya ?

Pertanyan yang tersisa :
" APA NILAI TAMBAH yang akan ANDA BANGUN dalam perjalanan hidup diri Anda ? "

Selamat Berjuang !



Pasti Bermanfaat !!!

syahrizal / admin
e.tangerang@gmail.com
syahrizal.007@gmail.com



Cat :
Nantikan prinsip sukses ke-2 : PRINSIP FAKTOR KALI

No comments:

Post a Comment