Wednesday, January 28, 2009

Peluang Usaha-8 : BASO DAGING HALAL....sangat dicari keluarga muslim lho...


Baso...siapa yang belum tahu tentang masakan satu ini ? Rasanya sangat sesuai dengan lidah kita semua. Jadilah masakan ini sangat cocok disegala suasana. Pagi, siang,sore bahkan malam hari - pun masih cocok untuk menemani kita. Makanya, masakan satu ini ada dimana-mana.

Namun, sekarang...seiring kesadaran masyarakat muslim akan pentingnya makan makanan HALAL, dan disisi lain sangat sering kita dengar berita tentang makanan yang dicampur kimia yang tidak menyehatkan, mulai dari pewarna-pengawet masakan hingga melamin juga. Juga ada khabar tentang baso yang dibuat dari daging tikus, dll....yang akhirnya membuat warga muslim jadi "sangat hati-hati" untuk memakan jajanan ini.

Nah...muncullah peluang usaha BASO DAGING HALAL...untuk memenuhi pasar keluarga muslim, yang kesadarannya makin meningkat hari kehari. Cukup potensial...

RESEP BASO DAGING HALAL
Bahan:
1. Daging sapi cincang 1 1/4 lb
2. Daging ayam cincang 1 1/4 lb (untuk yang menyukai baso lebih padat)
3. Putih telur 2 butir (Kocok telur dan jangan lupa diberi ¼ sendok the cuka, agar baso tidak berbau anyir)
4. Tepung kanji, takarannya disesuaikan dengan selera, karena ada yang menyukai rasa baso dengan rasa daging yang lebih kuat tepungnya sekitar 3-4 sendok makan, atau ada juga yang menyukai istilahnya baso kampung, dengan takaran tepungnya sekitar 1 1/4 - 1 1/2 cup, jadi basonya terasa kenyal.
5. Garam 2 sdt
6. Merica putih bubuk 1 sdt
7. Bawang putih segar yang dihaluskan 1 siung
8. Bumbu pengeras baso (Accord, buatan Thailand bisa didapat di Asian Grocery) sekitar 3 gram

Cara membuat:
1. Bila menginginkan baso yang teksturnya halus, daging sapi dan ayam digiling lagi memakai food processor sampai halus. Balau menginginkan baso yang teksturnya agak kasar/baso urat tidak usah digiling lagi. Jadi walaupun kita tidak punya food processorpun kita tetap bisa membuat baso halal.

2. Campurkan semua bahan-bahan, kemudian di aduk sampai kalis, bisa dengan tangan, ataupun kalau memiliki mixer dough bisa juga di aduk dengan alat ini, kalau adonannya agak keras, campurkan air sedikit

3. Didihkan air satu panci, setelah mendidih, kecilkan apinya, masukkan adonan baso yang sudah dipulung, kalau basonya sudah terapung, ini siap diangkat. Dinginkan dan bisa di simpan dalam freezer. Untuk air rebusan baso, jangan dibuang, ini bisa dicampurkan untuk kuah basonya.

Selamat mencoba...Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment