Thursday, January 29, 2009

Peluang Usaha-10 : Jasa MENULIS...keahlian jangka panjang nih.


Salah satu kebiasaan anak-anak saya, saat liburan adalah pergi ke toko buku. Dan salah satu buku yang sering mereka pilih adalah buku KKPK (kecil kecil punya karya), jenis buku cerpen anak-anak yang ditulis oleh anak-anak yang berumur sekitar 7 hingga 12 tahun. Bahkan tadi malam, saya sempat melihat buku diatas meja berjudul “Jalan jalan ke hutan, ditulis oleh Ghefira…putri ke-5 KH Abdullah Gymnastiar (aa Gym)…dan masuk rekor Muri sebagai penulis termuda (7 tahun)….mantap !


Untuk kalangan remaja, ada juga kumpulan buku cerita fiksi yang jumlahnya jauh lebih banyak lagi…hasil produksi jaringan Lingkar Pena…yang sangat produktif…!
Ternyata, budaya membaca masyarakat kita jauh mengalami peningkatan.


Nah…pernahkah Anda membaca buku Harry Potter? Barangkali Anda tak perlu membaca semua seri buku nan tebal itu. Maklum harganya saja sudah mencekik. Yang menarik dari buku ini, tetap saja laris terjual. Dan yang paling menghebohkan, penulisnya J.K. Rowling menjadi orang kaya mendadak bahkan kekayaannya melampaui kekayaan Ratu Inggris.
Hanya dari menulis, seseorang bisa kaya mendadak. Barangkali Anda bisa mulai membidik dunia tulis-menulis dan menjadikannya sebagai bidang usaha. Jasa atau produknya sangat variatif. Bisa menulis buku, cerpen scenario, makalah, pidato, artikel, skripsi, puisi, konsep, hingga pembuatan PowerPoint buat presentasi.


Jasa menulis termasuk peluang usaha yang tidak memerlukan modal yang besar. Asal punya komputer atau minimal mesin tik usaha ini sudah bisa dijalani. Rata-rata para mahasiswa dewasa ini sudah memiliki komputer pribadi. Sebaiknya komputer Anda tersebut dijadikan barang produktif. Selain bisa dipakai untuk kegiatan menulis tugas-tugas perkuliahan, barang elektronik tersebut bisa dipakai untuk kegiatan yang menghasilkan uang.
Langkah awal sebagai penulis sangat sederhana, awalnya adalah menyiapkan alat menulis anda, seperti komputer atau kalau mau lebih baik adalah laptop. Setelah semua peralatan siap, kini saatnya Anda mencari pelanggan. Pertama Anda bisa menawarkan jasa/produk Anda kepada rekan-rekan Anda di kampus yang merasa kesulitan untuk meluangkan waktu untuk menulis. Minta bahan-bahan penulisan yang mereka miliki.


Anda juga bisa menawarkan tulisan Anda kepada redaksi majalah/bulletin/jurnal di kampus Anda. Biasanya menulis di media komunitas seperti ini honornya kecil atau tidak mendapat bayaran sama sekali. Tapi Anda jangan kecewa dulu! Kalau peluang itu ada.; silakan tulis sebaik-baiknya artikel itu. Maklum tulisan gratis ini akan menjadi alat promosi gratis bagi jasa Anda.

Silakan coba kirimkan tulisan Anda ke redaksi media local atau nasional. Kalau tulisan Anda punya kualitas bagus, actual, tajam dan didukung oleh data-data yang bisa dipertanggungjawabkan, peluang tulisan Anda sangat besar untuk dimuat.
Sekali tulisan Anda dimuat, peluang berikut terbuka lebar. Sambil Anda melakukan semua itu, jajaki kerja sama penulisan buku dengan penerbit. Milikilah alamat-alamat dan nomor telefon para penerbit itu.


Kalau tulisan Anda termuat di media local atau daerah biasanya honor Anda tidak terlalu besar. Tergantung seberapa bonafitnya media cetak daerah itu. Tapi biasanya, Anda mendapat honor lumayan bagi seorang mahasiswa, ratusan ribu rupiah. Kalau sampai masuk media nasional terkemuka tidak mustahil mencapai Rp 1 juta.


Kalau menulis buku, Anda akan mendapat royalty. Banyak rekan-rekan mahasiswa yang terjun ke dalam usaha menulis buku semacam ini. Biasanya mereka menulis buku pelajaran SD, SMP, dan SMU. Untuk penulisan buku, Anda bisa sesuaikan dengan jurusan Anda. Kalau Anda kuliah di fakultas Ekonomi, akan sangat mudah bagi Anda untuk menulis buku ekonomi, meskipun tidak tertutup peluang untuk menulis bidang studi lainnya.
Pendapatan dalam penulisan buku menurut pengalaman banyak mahasiswa sangat menggiurkan. Apalagi kalau tulisan Anda enak dibaca, apa adanya, dan mencerahkan pikiran pembaca.


Enaknya, dalam usaha tulis-menulis ini, Anda punya kebebasan untuk mengatur waktu Anda. Tapi hati-hati! Anda juga harus disiplin dan menetapkan target. Jangan sampai menunda-nunda untuk mulai menulis.


Dunia tulis-menulis ini juga akan sangat membantu jalannya studi Anda. Karena terbiasa menulis, Anda tidak akan kesulitan untuk mengerjakan makalah dan tugas-tugas kuliah Anda. Bahkan usaha Anda ini akan memperkaya studi Anda.


Manfaat lainnya yang tak kalah enaknya, hasil-hasil karya Anda akan menjadi referensi yang bagus buat melanjutkan studi di dalam atau di luar negeri. Setelah studi strata satu usai, Anda bisa langsung melamar ke tingkat master/magister. Maklum pengalaman kerja dan hasil karya Anda akan menjadi sangat menolong Anda. Kalau sudah begini, Anda berpeluang untuk menyelesaikan studi Anda ke jenjang tertinggi dalam waktu sesingkat-singkatnya. Alhasil, pekerjaan tidak mengganggu studi, justru menunjang studi Anda.

1 comment: